Smart City : Kota Cerdas!

Smart city merupakan konsep Sebuah kota yang dilengkapi dengan infrastruktur dasar untuk memberikan kualitas yang layak hidup, lingkungan yang bersih dan berkelanjutan melalui penerapan beberapa solusi cerdas seperti penerapan teknologi informasi serta infrastruktur yang memadai seperti Air dan listrik pasokan terjamin, sanitasi dan pengelolaan limbah padat, mobilitas perkotaan yang efisien dan transportasi umum, konektivitas IT yang kuat, partisipasi e-goverment dan warga, keselamatan dan keamanan warga. USmart Goverment (pemerintahan pintar): kunci utama keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan adalah Good Governance. Yaitu paradigma, sistem dan proses penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang mengindahkan prinsip-prinsip supremasi hukum. Untuk spesifikasi smart city adalah sebagai berikut :
– Smart Economy (Ekonomi pintar): maksudnya adalah semakin tinggi inovasi-inovasi baru yang ditingkatkan maka akan menambah peluang usaha baru dan meningkatkan persaingan pasar usaha/modal.
– Smart Mobility (mobilitas pintar): pengelolaan infrastruktur kota yang dikembangkan di masa depan merupakan sebuah sistem pengelolaan terpadu untuk menjamin keberpihakan pada kepentinga publik.
– Smart People (orang/masyarakat pintar):pembangunan senantiasa membutuhkan modal, baik modal e ekonomi, modal manusia maupun modal sosial.
– Smart Living (Lingkungan pintar): lingkungan pintar itu berarti lingkungan yang bisa memberikan kenyamanan, keberlanjutan sumber daya, keindahan fisik maupun non fisik, visual maupun tidak, bagi masyarakat dan publik.
– Smart Live (Hidup pintar): berbudaya, berarti bahwa manusia memiliki kualitas hidup yang terukur (budaya).

Di Kota Bandung pun sudah menerapkan Konsep smart city diantaranya adalah Terdapat 5000 wifi disetiap ruang publik, pelayanan publik melalui sosmed seperti twitter, setiap dinas memiliki data digital, kartu parkir berbayar, smart goverment dengan mengupgread sistem di pemerintahan dari paper ke paperless dengan sistem informasi yang user frendly, dan Bandung akan punya kota pintar yang akan dinamai Bandung Technopolis seluas 400 hektar. Kota pintar di Gede Bage itu nantinya akan menjadi prototipe penerapan smart city di Indonesia.

Konsep smart city memang merupakan suatu hal yang menarik. Sebuah kota dengan dukungan teknologi informasi yang pintar dalam membantu aktivitas sehari-hari tentu akan semakin memudahkan masyarakat. Hanya saja, konsep smart city ini tampaknya masih harus didukung dengan pola pikir masyarakat yang modern di Indonesia.

Comments are closed.