Service Computing

Pada era digital ini telah terasa ti tengah-tengah masyarakat dalam kehidupan sehari-hari seperti penggunaan e-mail dan media social.
Dengan adanya cloud computing di dunia ini maka masyarakat umum dapat dengan mudah menggunakanya akan menyimpan data-data yang dimilikinya. Dengan bantuan internet dalam mengakses cloud computing tersebut, cloud computing mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi memalui computer yang telah terkoneksi dengan internet.
Teknologi computer berbasis system cloud merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai server untruk mengola data dan juga aplikasi pengguna. Tengan adanya teknoologi ini pengguna dapat menjalankan program tanpa melakukan instalasi terlebih dahulu, dan pengguna dapat mengakses data pribadi memlui computer yang terkoneksi dengan internet.
Beberapa manfaat dari cloud computing

  •  Semua data tersimpan di server secara terpusat
  • Keamanan data
  • Fleksibilitas dan skalabilitas yang tinggi
  • Investasi janga panjang

Dalam penerapan cloud computing sudah banyak dilakukan ooleh banya perusahaan IT ternama seperti Google, Micosoft, Apple dan lai-lain.
Salah satu perusahaan yang mengembangkan produk yang berbasis system cloud ini adalahm DealPOS. Dengan menggunakan metode kerja point of sale(POS) ini dengan mendistribusikan data penjualan tok retail yang telah diinputkan oleh kasir ke pemilik took retail dengan menggunakan internet.
Telkom juga menggunakan cloud ini dengan program VPS dan Telkom Colaboration yang diarahkan untuk UKM.

Comments are closed.