Crowdsourcing

Menurut wikipedia crowdsourcing adalah proses untuk memperoleh layanan, ide, maupun konten tertentu dengan cara meminta bantuan dari orang lain secara massal, secara khusus melalui komunitas daring. Proses ini sering kali digunakan dalam penggalangan dana maupun aksi sosial, dan dilakukan secara dalam jaringan dan luar jaringan. Cara kerjanya dengan menggabungkan usaha dari beberapa sukarelawan atau pekerja paruh waktu, yang mana masing-masing dari mereka memiliki inisiatif tersendiri untuk mencapai hasil yang maksimal. Istilah “crowdsourcing” adalah lakuran dari “crowd” dan “outsourcing”.

Crowdsourcing adalah alat marketing bisnis yang handal yang memungkinkan sebuah organisasi/perusahaan untuk meningkatkan kreatifitas dan sumberdaya dari audiensnya dakam mempromosikan dan menumbuhkan perusahaan secara gratis. Manfaat crowdsourcing sendiri adalah meningkatkan produktivitas perusahaan dan meminimalkan biaya tenaga kerja.

Wikipedia adalah salah satu contoh cwordsourcing, wikipedia berisi tentang ulasan dan pengertian pengertian dari berbagai hal. Wikipedia juga bisa di edit secara umum oleh masyarakat luas, pendiri wikipedia memutuskan daripada mengembangkan seluruh konten website sendiri, mereka bisa memanfaatkan sumber daya, passion, dan waktu dari audiens mereka menciptakan konten. Crowdsourcing menghasilkan sebuah jalan dimana konsumen dapat menjadi lebih aktif terlibat dalam pekerjaan perusahaan.

Comments are closed.